• Dobel.de Site Gallery

    ARTI LAMBANG DAN MOTTO DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS


    1
    Perisai bergaris keliling Hitam














    :

















    Dimaksudkan Keteguhan serta Ketegasan Atas Wilayah Teritorial dan Administrasi Kabupaten Kepulauan Anambas.




    2.
    Bagian Dasar Perisai/Lambang berwarna Biru
    :
    Menggambarkan Letak Geografis Kabupaten Kepulauan Anambas yang dikelilingi laut yang sangat Luas dan Dalam. Bagian Biru  ini dikelilingi oleh garis berwarna Putih yang melambangkan Pulau-pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas terdapatPantai dengan Pasir Putih.




    3.
    Bintang Segi Lima berwarna Kuning Emas terletak Paling Atas dibagian Perisai.
    :
    Melambangkan Ketaqwaan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.




    4.
    Dibagian Dalam Perisai /Lambang  terdapat tulisan “KEPULAUAN ANAMBAS” yang berwarna Putih.
    :
    Melambangkan     Simbul    dan     Identitas   Nama Daerah   Kabupaten   Kepulauan    Anambas.




    5.
    Mata Rantai berwarna Kuning yang melingkar pada Perisai/Lambang berjumlah 33 Mata Rantai yang berlatarbelakang warna Hijau Tua.
    :
    Melambangkan  Kesuburan Tanah Bumi  Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kedamaian,  sekaligus mengingatkan Undang-Undang terbentuknya Kabupaten Kepulauan Anambas Nomor 33 Tahun 2008.




    6.
    Padi berwarna Kuning berjumlah  24 butir, Daun Kelapa berjumlah 21 buah, Buah Cengkeh berjumlah 7, Daun Cengkeh 9 helai, serta Daun Kapas berjumlah 26 lembar.
    :
    Padi berjumlah 24 (duapuluh empat) dengan 6 (enam) helai daun kapas mempunyai arti Tanggal dan Bulan Pengesahan UU Nomor 33 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu pada tanggal 24 Juni 2008. Daun Kelapa berjumlah 21 (duapuluh satu) helai serta dengan 7 (tujuh) butir buah cengkeh mempunyai arti terbitnya UU Nomor 33 Tahun 2008. Sedangkan 26 (duapuluh enam) kuntum Kapas dengan 9 (Sembilan) helai daun Cengkeh matang mempunyai arti Tanggal dan Bulan Peresmian Kabupaten Kepulauan Anambas oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yaitu pada tanggal 26 September 2008.
    8.
    Sebilah Keris berwarna Kuning Emas berliuk 7 berhulu Kepala Burung berwarna Hitam diatas Tepak  Sirih berwarna Merah didalam Perahu Jongkong berwarna Kuning dengan Gelombang Laut terdapat 5 Gradasi Warna Biru Tua dan Biru Muda dengan 5 Gelombang.
    :
    a.      Cerana/Tepak Sirih berwarna Merah melambangkan Keramahtamahan, Kekeluargaan dan Persahabatan, dan mengandung arti bahwa Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas berbudi pekerti dan menjunjung Tinggi Adat-istiadat.




    b.      Sebilah Keris Melayu berliuk 7 berwarna Kuning melambangkan semangat Perjuangan dan Kepahlawanan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas Atas Dasar Kebenaran dan Keadilan, Kejujuran dan Amanah.  Keris juga melambangkan Jumlah Kecamatan ketika terbentuknya Kabupaten Kepulauan Anambas berjumlah 7 buah Kecamatan, dan juga melambangkan Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan Daerah Otonomi ke-7 di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

    c.      Jongkong berwarna Kuning dengan Layar Terkembang berwarna Putih sebagai Simbul Alat Transportasi Tradisional antar Pulau dan Alat untuk mencari naskah masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
     





    d.   Api   menyala  berwarna     Merah    diatas     Keris  
           melambangkan   bahwa   Kabupaten   Kepulauan
           Anambas   mengandung banyak potensi    Sumber  Daya Alam (SDA) di Darat dan di Laut terutama pada Sektor   Minyak   dan  Gas    Alam   (MIGAS).

    e.   Gelombang Laut terdapat 5 Gradasi mempunyai arti bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan 5 (lima) Sila yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.






















    9.
    Motto Melengkung dengan memakai Pita berwarna Kuning dengan Semboyan “KAYUH SERENTAK LANGKAH SEPIJAK”
    :
    Bermakna Semangat Kebersamaan, se iya se kata dan senantiasa mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat guna mencapai tujuan yang di cita-citakan.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Blogroll

    wilayah Kepulauan Anambas
    1. Pembagian Wilayah Pembagian wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Anambas berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 2008 terdiri dari 6 (enam) kecamatan, 2 Kelurahan dan 32 Desa. Ditambah dengan 1 Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan Tengah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kabupaten Natuna Nomor 17 Tahun 2008. Berdasarkan keputusan tersebut letak masing-masing Ibukota Kecamatan.. ...Read more...
     

    Masukkan alamat e-mail Anda untuk mendapatkan posting terbaru langsung di e-mail Anda :

    Delivered by FeedBurner

    Powered by FeedBurner

    User Online

    User Online